|
Selamat Datang, Register | Login
Home » X-Pose » Kuak Pertanahan hingga Kritisi DPR lewat Buku

Kuak Pertanahan hingga Kritisi DPR lewat Buku

Rabu, 24 April 2013 11:48:39  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 330
Kuak Pertanahan hingga Kritisi DPR lewat Buku

Dalam Wisuda Semester Ganjil Unisma, gelar terbaik Program Sarjana diraih oleh Fifi Ratnasari Kiat dari Fakultas Hukum. Fifi berhasil menorehkan IPK sebesar 3,85 selama tujuh semester. Penelitian yang dilakukannya pun menarik yakni tentang hukum pertanahan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota kelahirannya, Ambon.

Penelitian tersebut Ia lakukan berangkat dari keprihatinannya atas mahalnya biaya pendaftaran tanah. Karena itu ia mengangkat skripsi tentang efektivitas pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2010 tentang jenis tariff atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada badan pertanahan nasional dan hambatannya.

“Ternyata pelaksanaannya belum efektif karena petugas masih menggunakan aturan lama sehingga biaya masih sangat tinggi. Sedangkan masyarakat belum mendapat sosialisasi tentang peraturan baru tersebut,” terang Fifi.

Menurutnya seharusnya pegawai BPN menaati aturan baru terkait pajak tanah dan masyarakat pun diberikan sosialisasi sehingga tidak dirugikan.

Terbaik kedua tingkat universitas diraih oleh Emilyatun Nikmah dari Fakultas Ekonomi. Penerima beasiswa IMHERE hingga lulus ini menulis tugas akhir tentang trend dan variasi intellectual capital disclosure pada perusahaan perbankan yang listing di BEI.

Terbaik ketiga diraih oleh Ahmad Siboy dari Fakultas Hukum. Kecuali meraih IPK yang cukup tinggi yakni 3, 76, Siboy juga layak dibanggakan karena telah berhasil menerbitkan sebuah buku mengenai pemikiran kritisnya terhadap lembaga legislative DPR. Sedangkan lulusan terbaik Program Profesi diraih oleh Novida Ana Arista yang telah berhasil menempuh pendidikan profesi selama dua tahun. (*)

Baca "X-Pose" Lainnya

Komentar Anda